Pilih bahasa

7 Film Bertema Islam Yang Terbaik

On Sabtu, 25 Mei 2013 0 komentar

1.Film Omar Bin Khattab
[lihat.co.id] - Dua majikan dengan dua budak menghadap Umar Bin Khattab. Salah satu majikan mengadu bahwa ontanya telah di curi oleh dua orang budak milik majikan yang satunya. Umar bertanya kepada para budak “Apakah benar kalian telah mencuri untanya,” tanya Umar. “Benar ya Amirul Mukminin,” jawab dua budak tersebut ketakutan. “Kalau begitu saya akan menegakkan hukum Islam kepada kalian berdua,” ujar Umar. Dalam hukum Islam, pencuri dihukum potong tangan. Dua budak tersebut semakin ketakutan, mulut mereka bergetar, tidak mampu menjawab. “Tapi, saya mau bertanya, kalian apakan onta itu?,” lanjut Umar. Budak itu diam, tidak menjawab. “Tidak usah takut, jawablah dengan jujur,” kata Umar. “Kami sembelih dan kami makan ya Amirul Mukminin. Kami kelaparan dan belum makan,” akhirnya mereka menjawab dengan terbata-bata.

Umar menarik nafas panjang dan menatap mereka berempat. “Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” kata Umar membacakan surah Al maaidah ayat 3. Kedua budak tersebut dibebaskan dari hukum potong tangan. Umar membiarkan mereka keluar dari ruangannya.

Umar mengalihkan pandang kepada majikan dua budak tersebut. “Kamu memperkerjakan budak, tapi kamu membiarkan mereka kelaparan, maka kamu yang harus menanggung semua perbuatan mereka,” kata Umar tegas. Majikan yang dicuri ontanya bertanya kepada Umar “Lalu bagaimana dengan onta saya ya Amirul, siapa yang akan mengganti kerugiannya?” katanya menuntut ganti atas ontanya dicuri. “Berapa harga ontamu,” Tanya Umar. “400 Had,” jawabnya. Umar kembali mengalihkan pandangan kepada majikan yang memiliki dua budak yang telah mencuri onta itu, dan berkata “Bayar 800 Had, kamu juga harus membayar denda atas perbuatan budakmu,” kata Umar.

Begitulah cara Umar menyelesaikan sangketa yang terjadi pada umat Muslim di masa kekhalifahannya. Umar terkenal dengan sikapnya yang tegas dan adil. Kisah ini telah berulang-ulang didengungkan, dan mungkin juga sudah berkali-kali kita dengar. Namun, saat menyaksikan lagi kisah yang sama di film Omar, peristiwa ini tetap menyentuh mata batin orang-orang yang haus keadilan.

Ternyata keadilan tidak dilihat dari perbuatan salah yang dilakukan, tapi apa yang menyebabkan dan mendorong perbuatan tersebut terjadi. Dari sebab musabab yang jelas inilah kemudian Umar mengambil sebuah keputusan. Jika hukum atas perkara itu sudah diatur dalam Alquran dan Hadist, maka Umar tidak memperdebatkannya lagi. Namun, jika hukum atas perkara itu tidak ada dalam Alquran dan Hadist maka Umar menggunakan logika yang lurus dalam penyelesaiannya. “Kalian berhak berpendapat atas perkara yang belum diatur dalam Alquran dan Hadist. Bemusyawarahlah, dan ambil pendapat yang terbaik,” ujarnya kepada umat ketika itu.

Film bertitle Omar ini serentak tayang di beberapa negara di seluruh dunia. Di Indonesia film ini tayang di MNC TV mulai tanggal 1 pada bulan ramadhan tahun ini setiap jam 3.45 WIB . Tontonan yang pas sekali sehabis sahur sembari menunggu waktu sholat adzan subuh.

Film Omar ini sangat-sangat layak ditonton karena pada film ini terdapat banyak sekali mengandung nilai kehidupan. Serial ini mengandung aspek dramatis yang sangat menarik. Penggambaran kondisi Mekkah saat itu juga digambarkan dengan sangat baik, kondisi psikologis masyarakat, bentuk kultur yang ada, hingga kondisi lingkungan kota Mekkah pada saat itu.

2.Film FETIH 1453
[lihat.co.id] - Film merupakan salah satu produk teknologi dan budaya manusia modern. Dengan film sebagai media pembelajaran tentang budaya, bahasa, teknologi, dan sejarah, peradaban manusia menjadi termudahkan dengan kehadirannya. Saya sering menggunakan film ketika belajar bahasa Inggris, Arab, dan sebagai media presentasi bermacam kebutuhan disiplin pengetahuan yang saya butuhkan.

Di hadapan anda adalah sebuah film yang bisa anda gunakan sebagai media pembelajaran sejarha dunia Islam, meski tidak utuh dan mewakili sejarah itu secara penuh, namun film bisa bisa dikatakan cukup memadai sebagai alat bantu untuk mengingat kembali bahwa peradaban kaum muslimin pernah gemilang. Beberapa tahun silam saya pernah memilki versi animasi 2d (kartun) film ini, berjudul muhammad al Fatih, kini teknologi film berkembang pesat, film yang akan anda baca resensinya kini telah dikemas dengan teknologi mutakhir, semoga bisa menambah koleksi media edukasi bagi anda dan keluarga, selamat membaca dan menyaksikan.

3.Film The Message
[lihat.co.id] - Film The Message adalah sebuah film yang menceritakan kisah perjalanan syi’ar Rasulullah saw periode Mekkah dan periode Madinah. Kita dapat memperoleh gambaran bagaimana kondisi Arab Pra Islam sampai dengan takluknya kota Mekkah ditangan kaum Muslimin, dan sejarah islamnnya beberapa sahabat Rasul saw seperti Hamzah ra, Khalid bin Walid ra dan lain².

Film islami ini memang film lawas (kalau tidak salah sekitar tahun 70an). Tapi yang namanya film sejarah, adalah dari generasi ke generasi. Dari dasar itu, menjadi sangat baik untuk kita simpan.

4.Film Lion Of Desert
[lihat.co.id] - Lion on the Desert adalah film yang mengabadikan perjuangan Omar Mukhtar (Libya) melawan penjajah Italia. Tokoh Omar Mukhtar diperankan oleh Anthony Quinn. Dia cukup sukses memerankan peran ini. Film ini dibuat secara kolosal, sehingga aksi-aksi pertempurannya sangat memukau.

5.Film Ashabul Kahfi
[lihat.co.id] - Kisah 309 Tahun Pengikut Isa Al masih didalam gua Film ini bertutur tetantang ketabahan para pengikut Isa Al masih dalam mempertahankan keimanan mereka. Dengan latar sejarah kekuasaan Adrianus, dengan garapan apik dan kolosal, penuh dengan kesedihan dan ketegangan. Maximilianus, seorang petinggi Romawi di bawah Philadelpia, hari-harinya diliputi kegelisahan menyaksikan berbagai keanehan ajaran nenek moyangnya.

Imperium Romawi yang begitu perkasa, ternyata penguasaannya tunduk dihadapan patung-patung tak berdaya. Kegundahan semakin memuncak tatkala para pengikut Isa AI-Masih dikejar-kejar, disiksa, dibunuh, dijadikan mangsa singa lapar. Mulailah ia mencari hakikat kebenaran, sampai saat ia berjumpa seorang tua yang memberinya Injil Barnabas.

6.Film Salahuddin Al Ayubi
[lihat.co.id] - Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din adalah seorang jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah Hejaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud.

7.Film Khalid Bin Walid
[lihat.co.id] - Ini ada film sang legenda militer dalam Islam, tentang Khalid bin Walid Ra. yang berjuluk Pedang Allah (Syaifullah). Kisah kepahlawanan Khalid bin Walid selalu mendapat tempat di hati kaum muslimin dan menjadi kebanggaan sejarah dan kebudayaan Islam. Apalagi saat ini masih sedikit sekali yang mengetahui tentang sejarah militer dalam Islam.

Muhammad Husain Haikal, sejarawan Mesir berkomentar, “Khalid adalah seorang jenderal yang cukup ulung, seorang penggerak militer yang tidak banyak bandingannya.” Sedang Carole Hillenbrand, Guru Besar Studi Islam dan Bahasa Arab di Universitas of Edinburg menyatakan, “Jenderal Arab Muslim paling terkenal, Pedang Islam, sahabat Rasulullah, Khalid bin Walid. Adalah arsitek agung penaklukan Islam pertama di Abad ke-7.”
Inilah kisah seorang Shahabat besar dalam Islam, Khalid bin Walid Ra. yang mendapat julukan Syaifulllah, pedang Allah.

0 komentar:

Posting Komentar